Saturday, November 2, 2019

Makalah Lingkungan Bisnis

Franchise Ayam Goreng "BFC Exprezz Padang Selaso"
Related image
Dosen Pengampuh: 
Charisma Ayu Pramuditha,MHRM

DISUSUN OLEH:
VIORIN THERESIA
1822200018
MJ32



SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020








KATA PENGANTAR
        Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul" Franchise Ayam Goreng "BFC Exprezz Padang Selaso" yang disusun sebagai tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis. 
      Penulis menyadari masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini, maka dari pada itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan melengkapi makalah ini. Semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.




     Palembang,  Oktober 2019


                                                                                              Viorin Theresia






BAB I 
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Franchise BFC Exprezz Padang Selaso ini yang sudah berdiri sejak tahun 2016 hingga sekarang yang bermula hanya menyediakan ayam goreng,naget dan sosis yang bisa takeaway saja kini sudah memiliki beragam menu dan juga memiliki tempat makan.
Ayam goreng adalah salah satu makanan yang paling terkenal dan menjadi favorit di seluruh dunia.
Semakin meningkatnya rasa ingin tahu pada manusia akan hal baru, berbagai bahan makanan pun menjadi bahan percobaan untuk menemukan cita rasa unik yang belum pernah ditemui. Akhirnya, dari seluruh olahan ayam goreng di seluruh dunia memiliki gaya memasak, cita rasa, dan tentunya menggunakan berbagai macam bumbu yang berbeda.
Di Indonesia sendiri, ayam goreng merupakan sebuah masakan yang berbahan dasar dari potongan ayam yang dibumbui dengan berbagai macam rempah yang kemudian digoreng. Pada dasarnya, ayam goreng ala Indonesia adalah salah satu yang paling berbeda dibanding ayam goreng di negara – negara lainnya.


1.2 Visi dan Misi

Visi BFC Exprezz Padang Selaso :

Menjadi restoran dengan pelayanan ramah dan menjaga mutu serta kualitas terbaik di Indonesia.

Misi BFC Exprezz Padang Selaso :

Memberikan kepada setiap konsumen pengalaman  yang memuaskan dengan melayani penuh komitmen.

Mengembangkan keunggulan brand, menjadi salah satu kontribusi positif dengan tujuan terciptanya lingkungan kerja yang harmonis dan kesejahteraan karyawan.


BAB II 
PEMBAHASAN 

2.1 Aspek Pemasaran

BFC Exprezz Padang Selaso ini dalam pemasaran nya ia melakukan promosi untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan kepada masyarakat maupun semua kalangan terutama bagi pecinta ayam goreng ini sangat recommended karena dengan harga yang terjangkau dan mudah disajikan cocok untuk anak muda, anak kecil hingga cocok menjadi hidangan makanan sekeluarga. Promosi yang di lakukan dalam berbagai bentuk seperti brosur yang di sebarkan di sekitar lokasi BFC Exprezz Padang Selaso, ke sekolah-sekolah maupun melalui media sosial yang sudah menjadi makanan sehari-hari kalangan milenial.
Untuk produk ayam goreng media promosi yang tepat sebenarnya adalah promosi langsung ke konsumen, dimana konsumen disuruh untuk mencoba memakannya dengan harapan mereka akan selalu ingat akan rasa ayam goreng tersebut dan diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan kepada orang lain. 

2.2 Aspek keuangan

Dari segi aspek keuangan BFC Exprezz Padang Selaso owner memperkirakan modal yang di keluarkan di awal sebesar 12juta-15juta untuk modal bahan-bahan nya saja, sedangkan tempat yang di gunakan yaitu rumah sendiri. Sejak modal yang di keluarkan hingga dapat balik modal itu sekitar 6bulan. Untuk Harga ayam goreng ada yang paketan ada yang satuan. Kisaran harga untuk ayam dada 10rb, nagget 3rb, sosis 3rb.

2.3 Perkembangan bisnis

BFC Exprezz Padang Selaso yang berada simpang pasar padang selaso di Jalan Jaksa Agung R. Suprato yang bermula hanya menjual ayam goreng, naget, sosis itupun konsumen membeli dengan takeaway, namum owner pun sudah memantau dari satu tahun setengah dengan melihat marak nya situasi maupun perkembangan minat dari pembeli maka owner dari BFC Exprezz Padang Selaso memperluas tempat nya agar pembeli dapat makan ditempat dan juga menambah berbagai menu lagi seperti ayam geprek dengan memiliki ciri khas tersendiri dan juga seblak yang juga memiliki ciri khas sendiri dengan ada nya mie. BFC Exprezz Padang Selaso ini juga sudah bergabung dengan gofood yang memiliki rating 4.6

2.4 Analisis SWOT dari BFC Exprezz Padang Selaso

a. Strength (Kekuatan)

Ketersediaan bahan baku utama suatu usaha menjadi perhatian utama dalam bisnis ayam goreng. Karena dengan adanaya ketersediaan bahan baku utama, maka akan menjamin safety stock. Hal ini dimungkinkan karena usaha ayam goreng ini dekat dengan dengan usaha peternakan ayam. Hal lain yang menjadi kekuatan bisnis ini adalah, bahwa lokasi usaha berada di lokasi padat penduduk yang secara rata-rata sangat menyukai menu ayam. Kekuatan modal juga menjadi kekuatan dalam usaha ini.
- Sebagai pelopor penyedia makanan cepat saji
- Pelayanan yang cepat dan ramah
- Rasa yang khas dan lezat
- Di buat dari ayam yang berkualitas baik
- Tempat nya yang strategis yaitu berada di persimpangan lima.



2. Weaknes (Kelemahan)
Kemampuan meracik bumbu secara komitmen dalam hal rasa sangat dominan diperlukan dalam usaha ayam goreng maupun tingkat kematangannya. Rasa yang tidak stabil akan membuat konsumen lari pada kompetitor. Kemampuan dari juru masak dan juru racik bumbu harus dijadikan quality point.

3. Oportunity (Peluang)
Banyaknya populasi penduduk yang tinggal di sekitar usaha ayam goreng merupakan peluang yang perlu dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan bisnis ini. Terlebih banyak penduduk yang rata-rata pekerjaannya adalah sebagai buruh pabrik, pekerja di perusahaan swasta maupun PNS yang secara umum tidak cukup waktu untuk menyiapkan menu masakan sendiri di rumah. Ramainya lalu lintas di sekitar tempat usaha juga merupakan peluang yang sangat besar. Lalu lintas yang ramai memungkinkan orang yang lewat untuk ingin mengetahui cita rasa dari ayam goreng ini dengan harga yang terjangkau.

4. Threaty (Ancaman)
Banyaknya kompetitor yang lebih dulu terjun dalam bisnis kuliner ini, harus menjadi perhatian khusus. Dengan banyaknya rumah makan dan warung makan yang menyediakan menu serupa memberikan pilihan yang luas kepada konsumen untuk memilih rasa dan menu yang diinginkan. Ancaman nya yaitu berada di bersebrangan dengan berbagai macam kuliner seperti sate, ayam bakar.


2.5 Inovasi

Tempat BFC Exprezz Padang Selaso ini terletak di pinggir jalan sehingga sangat strategis tapi untuk tempat makan nya sangat tidak cocok di karenakan panas dan berisik dengan banyak nya kendaraan, apalagi tempat duduk nya yang lesehan sehingga mempersulit orang yang memakai sepatu harus membuka sepatu terlebih dahulu. Inovasi nya owner harus memikirkan ketertarikan dan kemudahan dari si pembeli agar nyaman untuk datang dan segan untuk mampir ke BFC Exprezz Padang Selaso ini. Karena pembeli harus kita prioritaskan kenyamanan nya. Sehingga owner sebaik nya mengganti tempat makanan nya yang ada meja dan kursi serta ruangan yang tertutup sehingga membuat nyaman si pembeli. Pada saat bulan puasa menurut informasi dari owner tidak banyak yang mengunjungi dikarenakan menu yang di sediakan tidak cocok untuk bukber apalagi orang muslim bukber harus beragam makanan dan ada manis-manisan nya. Sebaiknya owner di saat bulan puasa menyediakan menu-menu sesuai dengan bulan puasa seperti es buah, kurma dll. Untuk ayam nya sudah mengikutin tren dengan memiliki menu ayam greprek. Owner harus lebih memiliki wawasan yang luas dan mengikutin tren masa kini.



BAB III


PENUTUP

3.1 Kesimpulan


Ayam adalah jenis daging yang paling banyak diminati banyak orang di berbagai penjuru dunia. Telah kita ketahui banyak sekali olahan ayam yang dimasak dengan berbagai jenis nama atau olahan masakan seperti ayam panggang, ayam bakar, ayam goreng dan jenis ayam lainnya. Makanan berbahan ayam tentu menjadi makanan dengan rating teratas yang menjadi konsumsi masyarakat. BFC Exprezz Padang Selaso merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis kuliner yang berhasil memanfaatkan peluang yang ada dengan teknik pemasaran dan manajemen yang baik.


3.2 Saran


Semoga makalah yang kami buat ini dapat menjadi pembelajaran bagi calon pengusaha baru agar tidak takut untuk memulai sesuatu bisnis.



No comments:

Post a Comment